Gambar Ikan Toman

 Ikan Toman-
Toman mepunyai kerabat dekat dengan ikan gabus dan terbilang ikan buas ( Channisdae). Ikan ini bisa menjapai panjang lebih dari satu menter dan menjadi spesies yang terbersar dalam sukunya.

Dalam penyebutan bahasa inggris Ikan toman dikenal sebagai ( red snakehead, redline snakehead) Nama snakehead, itu terlihat dari, bentuk kepalanya meyerupai kepala ular. Dalam nama ilmiahnya disebut dengan (Channa micropeltes).

Toman mempunyai kepala besar dan bermulut besar mempunyai gigi runcing dan tajam. Tubuhnya berbentuk bulat panjang bersisik.

Warnan ikan dewasa hitam kebiruan, dengan perut  putih atau keputihan, dan warna anaknya kemerahan, dengan garis hitam dan jingga di permukaan tubuhnya. Ikan ini dapat besar sampai mendekati 1.5 m panjangnya.

Toman tergolong pemangsa yang sangat buas, bias disebut dengan predator yang memangsa aneka jenis ikan lainnya, serta hewan-hewan lain serangga dan kodok yang berada di lingkungannya.

Ikan jenis ini sangat sayang dengan anak-anaknya,(Pengasuh) kemana anaknya pergi dia ada didekatnya. Seringkali didapati berenang di kelompok anaknya yang masih kecil. Dan diketahui ikan yang satu ini tidak hanya menjaga anaknya begitu saja, dia tidak segan-segan menyerang bila ada hewan lain yang mengganggu kelompok anaknya. maka dari kebiasaan induk toman menyerang saat ada yang mendekati anaknya, maka itu di manfaatkan warga setempat (Banjar hulu sungai) dengan teknik pacing menggunakan hewan Bebek yang berukuran sedang, dan belibis. Bebek/ belibis ini diikat kedua sayapnya di sela-sela ketiaknya, lalu di labuh keair dekat rombongan anak ikan Toman/Gabus, sebagai pengganggu” agar induk ikan toman/Gabus mendekat, setelah mendekat lalu diupan dengan daging Kodok.

Penyebaran Ikan Toman
Ikan toman menyebar luas di Indonesia bagian barat (Kalimantan, Jawa, Sumatra) dan di pulau-pulau disekitarnya,)Malaysia, Thailand, Laos, Vietnam, India dan di mungkinkan di Myanmar.
Keberadaan ikan ini di India barat daya, tersa sangat janggal (Tamilnadu dan Kerala) , diketahui terpisah sekitar 2500 km dari wilayah sebenarnya yang lain di Asia Tenggara. Sangat di mungkinkan ikan ini di bawa ke India Oleh Manusia sebelum aabad ke-19.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar