Gambar Kupu-Kupu Cantik



Kupu-kupu
Kupu-kupu indah, janganlah kau pergi dari taman hati ku
Tetaplah kau menjadi teman hidup ku
Aku hanya ingin kau salalu ada untuk ku
Walau kau isap sari-sari madu ku

    Warna mu yang selalu menghiasi keindahan di pagi hari
    Memberikan suasana hati yang gembira
    Walau kau tahu itu tidak berselang lama
    Tapi kau selalu tersenyum pada bunga-bunga indah di taman

Kupu-kupu tergolong hewan Lepidoptera, jenis serangga bersayap sisik (pteron,sayap dan lepis sisik)
Kupu-kupu mempunyai bermacam-macam corak/warna yang indah, seperti gambar yang ada di samping ini. Sedangkan untuk kupu-kupu, ngengat berwaran gelap, kelabu/ kusam. Meski demikian perbedaan yang sudah saya tulis ini masi ada pengecualiannya, sehingga ilmiah tidak bisa kita jadikan pegangan yang pasti.

    Kupu-kupu banyak jenisnya, yang saya ketahui misalnya di Pulau Jawa dan Pulau Bali terhitung lebih tari 600 Spesies Kupu-kupu. Sedangkan jenis ngengat tidak pernah di buat daftar lengkapnya , hanya bisa diduga-duga saja, sekitar ratusan jenis. Hewan yang satu ini tergolong hewan serangga yang tidak berbahaya bagi Manusia.


 Secara sederhana kupu-kupu dibedakan dari ngengat / kupu-kupu malama. Atau aktifitasnya malam hari. Kupu-kupu yang aktif pada siang hari di sebut ( diurnal), sedangkan ngengat, kebanyakan malam (Nocturnal). Perbedaan kupu-kupu ini pada saat dia beristirahat/hinggap ia itu  :  Ngengat (nocturnal) hinggap dengan membentangkan sayapnya, dan (diurnal) dengan menegakkan sayapnya.


Add caption
 Kebanyakan yang mengatakan umur kupu-kupu sangatlah singkat.  Padahal tergantung pada spesiesnya, di perkirakan mampu hidup seminggu untuk spesies yang umur pendek dan setahun spesies yang angak lama.

Di ketahui spesies melalu tingkat larva yang terbilang agak lama, sedangkan ada juga yang mampu menjadi dorman ya itu dalam tikat pupa / terlur tujuan agar dapat mengurangi musim dingin.

Setiap tahun kupu-kupu bisa bertelur sekali atau lebih, dan jumlah keturunan dalam setahun tidak sama tergantung cuaca atau iklim. Sedangkan kupu-kupu yang tinggal di daerah tropis lebih dari sekali dalam setahun. 
Add caption



Telur Kupu-kupu, (Khorion) atau di sebut kulit berabung dan lapisan lilin, yaitu untuk melindungi telur dari terjemur sebelum larva sempat berkembang sepenuhnya. Mempunyai pori-pori berbentuk corong yang halus dari ujungnya, disebut dengan ( Mikropil) tujuannya memasukan sperma untuk bergabung dengan sel telur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar