Gambar Cumi-cumi

 Manfaat Tinta Cumi Untuk Kesehatan

Baru diketahui tinta cumi benar-benar bisa melawan kanker sebagaimana diliris di ogahrugi.com
Cumi-cumi adalah makan yang sangat populer di kalangan pencinta makanan khas laut termasuk dalam golongan seafood. Mempunyai daging yang lembut dan kenyal dapat dimasak berbagai bentuk makanan. Boleh menggunakan tepung gorang,saus mentega, bumbu saus padang, goring sampai kering. Selain itu kebanyakan para ibu-ibu / istri nelayan juga sering membuat cumi-cumi yang di keringkan dan dijual di pasar ikan.

 Cumi-cumi sangat dikenal di Negara Indonesia terutama para nelayan, yang sering menangkap ikan di laut, kata nelayan cumi-cumi sangat mudah di temukan di perairan Indonesia (laut).kehebatan hewan laut yang satu ini , semua bagian tubuhnya relatif dapat dimakan. Tapi sebagian orang juga membuang tinta,bagian kaki, (part growled) karna dianggap tidak menarik untuk dimakan. Mungkin tidak ada yang tahu sebelumnya, bahwa yang sering dibuang itu sangat berguna dan ber khasiat luar biasa. para penelitian mengatak, tinta cumi-cumi bias mengaktifkan sel darah putih untuk melawan tumor. Oleh (Hiroki University di Jepang) percobaan ini tilakukan kepada 15 ekor tikus yang dikembangakn dalm tubuhnya penyakit tumor ganas.hewan tersebut diberi suntikan tiga dosis cairan tinta/ sekitar 200 mg. nah” dan teryata hanya  tiga yang tersisa (masih Hidup). Ada juga tikus yang lain yang tidak diberi suntikan tinta (sekitar 15 tikus) dengan penyakit yang sama. Dalam jangka 3 minggu semuanya mati.
 Penemuan itu merupakan coba-coba Jin’ichi Sasaki dan rekanya dari universitas Hirosaki di Jepang bagian utara. Memungkin tinta cumi itu menjadi glusida (gabungan gul, protein dan lipid). “Sebenarnya  tak  ada  alasan khusus mengapa  kami  memakai tinta  cumi pada mencit-mencit  yang ditumbuhi  kanker”,  kata  Sasaki.  ’Di daerah  ini, nelayan banyak menangkap cumi dan tintanya dibuang begitu saja. Jadi kami ingin menemukan zat berguna  dalam  tinta  itu  agar  dapat mendaur ulangnya
 Penelitian itu masih dilanjukan utuk mencari zat aktif dalam tinta dan mengisolasinya. Kemungkinan zat berkerja dengan mengaktifkan komponen sel darah putih (makrofag/ pemangsa raksasa) dan mengakibatkan taya tahan tubuh  meningkat di sekitar sel tumor khusnya.
Teryata tinta itu tidak disangka dapat menyelamatkan jiwa sekitar 60% untuk melawan kanker pada manusia. Mereka masih meneliti menyepurnakan biar hasinya dapat lebih Valid.

 Kandungan Gizi
Kandungan gizi pada cumi-cumi memiliki gizi yang sangat berguna, protein,mineral,dan macam-macam jenis vitamin. Kandungan protein pada cumi-cumi sekitar 17,9 g/100 g cumi yang segar.
Hewan yang satu ini tidak mempunyai tulang belakang atau juga di sebut (Invertebrata) mudah kita cerna, memiliki aruma dan rasa yang membuat kita ketagiahan memakannya. Tidak lupa juga, mengandung asam amino esensial yang sangan berguna untuk tubuh kita.



 Cumi-cumi
 Cumi-cumi
Cumi-cumi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar